Kalau sahabat kamu punya 5 sikap ini? jaga baik-baik ya! Karna ngga semua orang bisa kaya gini

Courtesy of Instagram (@yulianacha93)

"Kamu adalah cerminan dari temanmu". Sering denger pasti ya statement begini?
(aku sih sering, gatau kalau pembaca budiman yang lain hehe). Begitu berpengaruhnya peran teman terhadap kehidupan kita, katanya kalau mainnya sama tukang minyak wangi pasti bakal ikut wangi, kalau mainnya sama tukang bakso? berharapnya sih sering dapet gratisan semangkok haha bercanda :)

Jadi intinya kita perlu ngga sih memilih teman? perlu banget (menurut aku). Kenapa? karna selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup, selama itu pula kita perlu memperbaiki hidup kita dari hal sekecil apapun, nah.. teman yang baik InSyaAllah akan membawa dampak yang baik juga ke kita. Tapi bukan berarti kita harus memusuhi orang yang kita anggap ngga baik ya.. Maksudnya memilih teman adalah teman dekat atau sahabat. Kalau sekedar kenal dan teman biasa, kita boleh melebarkan sayap selebar-lebarnya untuk mendapatkan kenalan yang banyak sebagai wujud pengakuan kita bahwa seluruh umat manusia di dunia memang sesungguhnya adalah bersaudara.

jadi, ini dia 5 Ciri sahabat baik (versi aku):

1. Pertama, menghargai kamu. Penting banget sih menurut aku, jangankan sama sahabat, sama orang lewat yang kita ngga kenal juga harus kita hargai dan kita berikan haknya biar ngga dibilang dzolim hehe. Menghargai disini adalah kita memahami prinsip satu sama lain dengan tidak menyudutkan atau menganggap siapa paling oke, benar, perfect, dan lain-lain. Apapun yang perlu diomongin, atau dibahas, tetap menggunakan asas musyawarah dengan tetap meminimalisir terjadinya sakit hati diantara keduanya. Contoh sederhana dari sikap ini adalah ngga ngomongin kita yang pedes-pedes atau bocor dibelakang (toilet kali ah) hehe tapi serius deh gais, syakit banget kalo di gituin hiks.

2. Kedua, ngga egois alias tidak mengutamakan kepentingan sendiri daripada bersama. Karena kalo orang udah sayang biasanya rela mengorbankan kepentingan dirinya sendiri untuk orang yang dia sayang uhuk. Tapi tentunya dengan batas yg wajar dong ya, ngga over dan bukan berarti harus menomerdua kan keluarga juga. Salah satu ciri orang yang egois tuh, maunya apa-apa diturutin, tapi? ngga mau gantian. Sampe sini paham kan? haha.

3. Ketiga, jujur. Temen-temen suka ilfeel ngga sih kalo ada orang yang suka bohong? yap sama, aku juga. Betapa kejujuran itu sangat penting untuk dijadikan prinsip hidup dimana dan dengan siapapun kita berelasi. Termasuk juga saat bersahabat dengan seseorang. Kalo ngga tau bilang ngga tau, kalo tau jangan kura-kura dalam perahu, simpelnya gitu.

4. Keempat, mau menjaga perasaan sahabatnya. Ini point banget sih, siapapun orangnya mau sehebat, sepinter, cantik, ganteng atau tajir melintir kalau kurang pandai menjaga perasaan orang mah jadi kaya manusia sampah. Karna pada hakikatnya menjaga perasaan orang tuh bukan berasal dari bakat lahir atau sesuatu yang ada rumus eksaknya, tapi gimana maunya kita aja. Contohnya apa? banyak. Ngga nyinggung/nyindir tentang masalah keluarga juga termasuk menjaga perasaan orang lho, termasuk sahabat kamu. Kecuali kalo diminta berpendapat ya, boleh deh tuh cuap-cuap.

5. Kelima, ngga pelit hahahah ngga deng, kalau yang ini mah jackpot aja. Kelima yang bener adalah sahabat yang sering mengajak kita pada kebaikan. Saling suport dan memberi motivasi, juga ngga pergi pas lagi butuh-butuhnya ewh. :D

Nah, jadi kalo punya sahabat yang tulus menghargai kamu, ngga egois, jujur dan senantiasa menjaga perasaan kamu, plis jaga dia. Ngga semua orang bisa kaya gitu soalnya hehehe.
awkay, segitu aja kriteria sahabat menurut aku, semoga bermanfaat:)

ps : mari senantiasa belajar memperbaiki diri untuk hidup yang lebih baik lagi.
(foto sebagai pemanis aja hehehe)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review jujur pake Wardah Acnederm Series setelah berhenti dari skincare perawatan dokter

Pelayanan 24Jam untuk Terapi Penyakit Jantung, Stroke, dan Pembuluh Darah di Mitra Keluarga Bekasi Timur